MENILIK SEJARAH ISLAM DI SPANYOL DAN MAROKO

Assalamualaikum Ash-habii …

Hari ini sambil menunggu waktu berbuka …

Andamas ingin berbagi mengenai Sejarah Islam di Maroko dan Spanyol.

 

udah pada tau belum nih? Maroko terkenal dengan julukan apa?

 

Yups… Al-Maghribi, julukan itu diberikan kepada Maroko karena ia merupakan salah satu negara yang terletak di sebelah paling pojok (barat) benua Afrika, selain itu dalam perspektif masyarakat Arab julukan tersebut diberikan kepada Maroko karena banyak dari bangsa Maroko yg memiliki etnis mayoritas Arab seperti Mesir, Libya, Aljazair dan lainnya.

Selain al-Maghribi, julukan lain Maroko adalah Marrakech yang berarti tanah tuhan…

 

Berkaitan dengan tanah Tuhan… Maroko dianggap sebagai sosok penting dalam dunia islam karena ia merupakan negara pertama yang menjadi pintu masuk bagi penyebaran agama islam di kawasan Eropa. Thariq bin Ziyad, seorang panglima pelopor yang terkenal dalam sejarah peradaban islam inilah yang berjasa dalam menaklukan andalusia dan menyebarkan islam disana . penaklukkan yang dilakukan oleh Thariq Bin Ziyad dilakukan pada tahun 710 M.

oh ya jangan salah paham ya, penaklukan Andalusia oleh Thariq bin Ziyad bukan sebuah penaklukan yang ditujukan untuk menguasai Andalusia melainkan lebih kepada pembebasan wilayah tersebut. Loh…kok bisa sih penaklukan jadi pembebasan???

 

karena pada masa tersebut Andalusia terkenal dengan para penguasanya yang dzalim dan juga tidak menerapkan hukum yang adil, Andalusia saat itu dipimpin oleh seorang raja yang dzalim yang dibenci oleh rakyatnya yaitu Raja Roderick. Masyarakat Andalusia pada masa itu merasa terkungkung dan terdzalimi sedangkan mereka mendengar berita bahwa di negeri seberang , negeri yang dipimpin oleh muslim terkenal dengan kesejahteraannya dan jg keadilan hukumnya…

 

Sehingga mereka (masyarakat Andalusia) sengaja meminta tolong dan memberikan peluang bagi umat muslim untuk menggulingkan kekuasaan Raja Roderick tersebut. Kemudian sampailah berita tersebut di telinga Thariq Bin Ziyad yang langsung melaporkan permasalahan tersebut kepada Musa Bin Nushair untuk meminta izin membawa pasukan islam menuju ke Andalusia.

 

Musa bin Nushair kemudian mengabarkan hal ini kepada Khalifah Al-Walid bin Abdul Malik untuk meminta persetujuan.

setelah mendapatkan persetujuan dari khalifah, pada bulan Juli di tahun 710 M , akhirnya Thariq pergi ke Andalusia bersama 500 orang pasukan terbaik muslim+7000 pasukan lainnya untuk menaklukkan Andalusia.

 

setelah terjadi Perang Sidonia, pasukan Muslim kemudian berhasil menaklukan Andalusia sampai dengan di perbatasan Selatan Andalusia.

 

Hebat bukan? nah setelah ada penaklukan tersebut lah kemudian islam menyebar di kawasan Eropa.

 

lalu apa sih kaitannya dengan Spanyol??

Tentu berkaitan, karena Andalusia merupakan julukan Spanyol pada masa tersebut dan selain membebaskan masyarakat Eropa dari belenggu penguasa dzalim, para penguasa muslim termasuk panglima Thariq bin Ziyad berhasil pula menaklukan hati masyarakat Eropa dengan memeluk agama islam tanpa adanya paksaan. Lewat pesan dan juga impresi bahwa islam adalah agama mulia yang memuliakan manusia, ditunjukan dengan akhlak penguasanya. Hal itulah yang membuat masyarakat Eropa tertarik terhadap agama islam dan mau untuk memeluk islam pada masa itu.

 

Bagaimana menarik bukan sejarah islam di Maroko dan Spanyol???

 

Yuk gabung sama Andamas untuk menyelami lg nih jejak-jejak peradaban islam di Maroko dan Spanyol secara Langsung selama 12 HARI di “Tanggal 29 September 2017”

Hanya dengan Rp 36.050.000,- sudah ALL IN!!

Selain itu makanannya halal dan anda juga tidak perlu khawatir terhadap waktu-waktu sholatnya karna program kami program HALAL FOOD dengan PRAYER TIME.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *